Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal dan Gurih

Resep jualan - Belakangan ini lagi kenceng dibahas bakso halal, karena hampir 50 % bakso yang dijual di pasaran diragukan kehalalannya. Apalagi dengan naiknya harga daging sapi, kita pun jadi kurang yakin apa bakso yang kita santap ini asli daging sapi ato bukan.

rahasia-bakso-pentol-kenyal
Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal dan Gurih

Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat bakso sapi yang lezat dan yang pasti halah 100% karena kita sendiri yang akan membuatnya. Bahan utama yang harus dipersiapkan adalah daging sapi, karena kita akan membuat bakso sapi. Penasaran?

Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal dan Gurih

Cara membuat bakso sapi:

  • Siapkan 500 gr daging sapi dan 250 gr daging ayam, jangan lupa dicuci bersih dan ditiriskan ya. 
  • Setelah itu giling daging sapi dan daging ayamnya sampe lembut.
  • Siapkan pula 1,5 sdt (sendok teh) baking powder, 3 btr (butir putih) telur, 150 gr (gram) tepung sagu. Buat bumbunya, haluskan setengah sdt lada dengan 7 siung bawang putih. Tambahkan 1 sdt (sendok teh) garam dan kaldu bubuk secukupnya
  • Campurkan semua bahan secara bergantian satu persatu sambil diuleni hingga tercampur rata. Uleni adonan hingga kalis dan tidak lengket di tangan.
  • Siapkan panci dan isi dengan air hingga setengah bagian panci. 
  • Nyalakan kompor dan biarkan air hingga panas suam-suam kuku. 
  • Setelah itu masukkan butiran bakso ke dalam air. 
  • Gunakan api yang kecil, memasak bakso ini jangan sampai airnya mendidih hingga meletup-letup, cukup menggunakan air panas sedang saja, 
  • Kemudian jika semua bakso sudah dimasukkan ke dalam air panas biarkan hingga bakso mengapung dan air mendidih namun dengan didihan yang kecil. Jika bakso sudah mengapung masak sebentar selama 5 menit.
  • Bakso sudah matang. angkat dan tiriskan. Tuh bakso bunder siap diolah lebih lanjut. Mau disantap langsung bisa juga kok.
Itu tadi cara membuat pentol bakso. Untuk membuat kuahnya yang gurih ternyata gak sulit kok. Resep cara membuat kuah bakso sapi: siapkan 2 liter air, setengah bagian tulang lutut sapi (tulang kering/tulang kaki), 8 siuang bawang putih yang dihaluskan, setengah sdt lada bubuk n garam secukupnya,rebus semua bahan jadi satu hingga mendidih. 

Gampangkan...

Siapkan mangkok, taruh 1 buah tahu, beberapa gelintir mie kuning atau bihun, beberapa butir pentol bakso, beberapa irisan daun sawi, lalu siram deh dengan kuahnya. Taburi seledri yang diiris dan bawang merah goreng … wuihhhh bakso halal siap disantap.